Senin, 13 Februari 2012

Antara Gue dan Jakarta

Setiap denger atau baca kata Jakarta, yang terlintas di pikiran pasti tentang kemacetan dan segudang masalahnya. Iya kan? Tapi, apa bener kalo Jakarta segitu parahnya? Hemm.. Melalui tulisan ini saya mau curhat sedikit tentang Jakarta menurut pandangan saya. :)

Saya tinggal di Jakarta ini kurang lebih sekitar 9 tahun. Saya pindah dari Bandung ke Jakarta sewaktu kelas 5 SD. Pertama kali tahu kalo saya sekeluarga akan pindah ke Jakarta, saya shock berat. Saya berpikir kalo hidup di Jakarta itu susah banget. Maklum deh, saya korban berita-berita buruk tentang Jakarta dari TV. Hehehe.. Tapi setelah liat ayah dan ibu saya yang alhamdulillah masih sehat walafiat walaupun pernah lama hidup di Jakarta, akhirnya sayapun agak pede dan tertantang buat hidup di Jakarta. Akhirnya kami sekeluarga pindah ke Jakarta dan jadilah sampai saat ini saya kuliah dan menetap di Jakarta.

Jakarta, dengan segudang sisi hitam dan putihnya, nggak pernah habis-habis buat dibahas. Mulai dari isu macet, kriminalitas, polusi sampe kemiskinan. Mari kita bahas satu persatu. :)

Kemacetan
Hhhmmm,, dulu kemacetan nggak begitu berpengaruh buat hidup saya, soalnya saya kalo sekolah nggak pernah jauh dari rumah. Tapi, semenjak saya kuliah di Pancoran Jakarta Selatan, kemacetan benar-benar jadi musuh besar hidup saya. Huff.. Saya seriiiing banget hampir telat dan telat (telatnya cuma 5 sampe 10 menit ko. Hehe) ke kampus gara-gara macet. Pantes aja tingkat stress di Jakarta itu tinggi, mungkin kemacetan jadi salah satu penyebabnya. Sampe temen-temen saya dari daerah banyak yang bilang "Orang Jakarta tuh cepet tua gara-gara tua di jalan" --''. Agak menyesakkan mungkin buat para orang Jakarta, tapi mungkin ada benernya juga yahh. Hehe..
Seperti kita tahu, banyak banget upaya yang udah dilakukan pemerintah buat mencegah Jakarta. Mulai dari memajukan jam masuk sekolah, yang semula masuk jam 7, jadi jam setengah 7 (Kebijakan ini bener-bener mengganggu jam tidur dan pola hidup saya waktu sekolah dulu --''), terus bikin busway, dan masih banyak lagi deh. Semua itu dilakukan cuma buat menghilangkan yang namanya macet. Tapi kayanya apa yang dilakukan pemerintah nggak bener-bener bisa nendang kemacetan deh.
Saya mau bahas tentang busway lebih jauh nih. Waktu pertama kali Busway direalisasikan, banyak banget pro dan kontra. Mulai dari efektifitas Busway, dana yang dibutuhkan, sampe jalur khusus busway yang makan badan jalan yang emang udah sempit. Sampai akhirnya sekarang Busway bener-bener adapun, masalah masih aja mengintai bus yang satu ini. Mulai dari pelayanan dan sistem Busway yang dinilai kurang baik sama konsumen, fasilitas Busway yang semakin bobrok, sampe kecelakaan-kecelakaan yang disebabkan busway. Tapi, busway juga banyak manfaatnya ternyata, terutama buat ABG (Anak Busway Gaul) seperti saya dan teman-teman.
Ngomongin macet, nggak ada habisnya deh. Entah apa yang sebenernya bikin Jakarta macet parah, mungkin karena terlalu banyak mobil pribadi kali yahh. Para orang-orang kaya itu kayanya nggak rela meninggalkan mobil kesayangan mereka di rumah dan pake fasilitas kendaraan umum yang ada. Waktu itu saya pernah liat tulisan di belakang kaca sebuah mobil mewah pas mau berangkat kuliah, tulisannya gini "Mobil ini akan saya tinggal di bagasi rumah, jika transportasi umum Jakarta sudah membaik". Halahh,, excuse doang kali nhh, #uupps. Maaf yahh orang kaya dan bermobil yang baca tulisan ini. Peace, hehe :) Mungkin mereka harus lebih sadar kalo dengan menggunakan mobil pribadi mereka, sebenarrnya mereka lagi menambah parah kemacetan itu sendiri. Ckckckck
Yahh, kita tunggu aja kebijakan dan langkah pemerintah selanjutnya buat menngatasi kemacetan ini. Kalo bisa sih secepatnya, sebelum saya bener-bener nggak boleh masuk kelas sama dosen gara-gara telat. Hehe :)

Banjir
Wuff,, kalo yang 1 satu ini, alhamdulillah saya belum pernah bener-bener ngerasain yang namanya kebanjiran. Mudah-mudahan shh jangan deh :). Tapi kalo ngeliat temen-temen dan sodara-sodara yang kebanjiran, rasanya iba dan kasian. Secara sering banget kan kebanjiran menyebabkan kerugian besar. Mulai dari kerugian materi, infrastrukur sampe kerugian yang memakan korban. Kalo menurut saya, banjir ini sih lebih kepada pola hidup masyarakat Jakarta yang suka buang sampah sembarangan. Iya, buang sampah sembarangan (diulang biar lebih dramatis :p). Entah orang-orang Jakarta itu terlalu sibuk atau apa, sampe mereka nggak punya cukup waktu buat nyari tempat sampah dan meletakkan sampahnya di dalem tempat sampah itu (tuhhkan, orang Jakarta lagi yang disalahin. Hehe, maaf yahh). Dan akhirnya, jadilah kali-kali dan saluran air jadi tempat sampah barunya orang-orang Jakarta, emang deh orang Jakarta kreatifnya kelewatan, sampe-sampe mereka bisa berkreasi buat jadiin saluran air buat jadi tempat sampah. Ckckck,
Selain sampah, banjir juga dipengaruhin sama keadaan Jakarta yang semakin mengabu-abu. Lohh ko abu-abu? Iya abu-abu, kan kalo tempat rindang dan teduh itu identik sama ijo, nahh saya mau coba mengidentikan tempat gersang dan suram kaya Jakarta ini sama warna abu-abu. Hehehe.. Pohon dan kawan-kawannya yang semakin langka berpengaruh besar sama banjirnya Jakarta. Jakarta kehilangan tempat-tempat buat penyerapan air. Tanah-tanah berubah jadi aspal dan semen, pohon-pohon berubah jadi gedung-gedung tinggi menjulang. Yahh terang aja Jakarta sering banjir, wong air hujan di Jakarta pada menggalau mau nongkrong dimana, secara tempat penyerapan air mereka udah musnah entah kemana. Ckckck.. Tapi yang paling penting dan hampir terlupa, penyebab banjir terbesar itu adalah AIR itu sendiri. Iya kan? Kalo nggak ada air, mana mungkin banjir?? #garing hehehe :p
Nahh, terus gimana cara selesaiin masalah banjir ini? Mmhh.. Kalo saya sih lebih menyarankan buat merubah diri sendiri dulu, soalnya perubahan besar nggak bakal bisa tercapai tanpa perubahan yang kecil. Mulai dari diri sendiri buat sadar kalo kita nggak hidup sendiri di Jakarta ini, tapi juga ada hewan dan tumbuhan yang juga punya hak hidup buat dirawat. Jangan buang sampah sembarangan, karena bisa merugikan buat diri sendiri dan makhluk lain, termasuk hewan dan tumbuhan. Sayangi juga Jakarta dengan nggak mengotori Jakarta sama sampah-sampah kita. Gimana? Bisa? Let's start from now on :)

Kriminalitas
Waduhh, kalo yang ini sih udah nggak diragukan lagi, kalo Jakarta itu tempatnya berbagai macam kriminalitas. Mulai dari pencurian, perampokan, pemerkosaan sampe pembunuhan. Astaghfirullah.. Banyak temen-temen saya yang bilang "Jakarta itu keras dan kejam men". Mungkin ada benernya juga. Karena di Jakarta ini kita harus secerdas-cerdas mungkin buat menjaga diri sendiri dan orang yang disayang. Alhamdulillah, saya belum pernah mengalami kriminalitas yang terlalu parah, dan jangan sampe deh. Yang terpenting, terus waspada dan jangan pernah berhenti minta pertolongan sama Allah.
Buat para wanita, kalian harus extra hati-hati nih, karena biasanya inceran kriminalitas itu ya para wanita. Jangan lengah, terus waspada, dan jangan mengundang kriminalitas itu sendiri. Mengundang? Maksudnya? Emang kriminalitas bisa diundang? Ya bisa, kan kata Bang Napi "Kejahatan bukan terjadi hanya karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan", nahh kan, makanya jangan mengundang kriminalitas. Jangan pake perhiasan-perhiasan secara berlebihan, jangan pake baju yang terlalu terbuka yang bisa mengundang pelecehan, jangan memamerkan gadget yang kalian punya, dan masih banyak lagi. Ohh iya, satu lagi, kalo misalnya (sebenernya shh jangan sampe) kriminalitas menimpa, jangan lupa segera melaporkan kriminalitas yang menimpa diri kalian ke pihak berwajib. Supaya bisa ditindak lanjuti. Tetap waspada ya! :D

Polusi
Ini nih yang bikin saya harus pake masker kalo mau pergi kemana-kemana. Padahal, beneran deh, pake masker itu nggak begitu nyaman buat saya. Ckckckc.. Tapi nggak ada pilihan lain, soalnya polusinya jahat banget. Mulai dari polusi air, suara sampe yang paling parah ya polusi udara. Di tulisan ini, saya cuma mau bahas polusi udara aja deh. :)
Saya paliiiiiing sebel kalo liat kendaraan yang asepnya tebel dan itemnya seampun-ampun. Saya jadi heran, apa uji emisi gas itu udah nggak ada ya sekarang? Apa saya ketinggalan berita kalo uji emisi gas udah dihapuskan? Ckckck.. Nah, ada lagi nih yang paliiiing saya benci. Saya benciiiii banget sama ORANG YANG MEROKOK DI TEMPAT UMUM. Entah apa alesan mereka ngelakuin itu, padahal jelas-jelas udah ada larangannya kalo ngerokok di tempat umum itu dilarang. Mungkin mereka merasa cool dan keren kalo ngerokok di jalanan dan di dalem bus. Emang mereka nggak sadar yahh, kalo asep rokok mereka itu bisa membunuh masyarakat secara perlahan!! Siapa yang ngerokok, siapa yang penyakitan, parah kan? Ckckck.. Maaf yahh para perokok, tapi setelah baca tulisan ini saya harap kalian senggaknya nggak merokok di tempat umum dan menghargai orang lain. :)
terus apa yang bisa dilakukan buat mengurangi polusi udara ini? Gerakan Menanam Sejuta Pohon gagasan pemerintah kayanya bisa jadi jalan keluar yang baik. Tapi, lagi-lagi gagasan ini jangan cuma dijadiin sekedar gagasan, tapi juga direalisasikan dengan baik. Yahh kalo memang nggak bisa menanam pohon karena nggak ada lahannya, at least kita menjaga pohon yang udah ada supaya tetep hidup. Okay? :)

Pergaulan
Jakarta, dikenal sebagai tempatnya para anak gaul, dan akhirnya Jakarta dipenuhi sama AGJ (Anak Gaul Jakarta). Hehehe.. Terus emang kenpa kalo gaul? Salahkah? Dosakah?  Mmmhh.. Gaul sih nggak dosa dan salah, asalkaaan,, gaulnya yahh gaul yang bener dan sehat. Jangan kebawa sama orang-orang yang moralnya emang udah rusak. Jangan ikut-ikutan pake narkoba, mabok-mabokan atau terjerumus free sex cuma demi mendapatkan predikat gaul. Suwer deh, menurut para gaulers yang udah expert, sekarang udah nggak jamannya sama yang kaya gitu-gituan. Kalo mau dibilang gaul, ya ikut banyak organisasi, cari banyak temen, dan terus berkarya. Itu baru namanya gaul sejati. :)
Terus, berarti nggak boleh donk temenan sama orang yang moralnya udah rusak? Yahh nggak gitu juga, kita boleh berteman sama siapa aja, asalkan pertama-tama kita harus membentengi diri kita dulu sama nilai-nilai moral dan agama yang kuat, biar nggak kebawa-bawa budaya IKUT-IKUTAN yang lagi marak saat ini.
Waktu itu, saya pernah cerita tentang aneka macem remaja di Jakarta dan gaya hidup mereka. Dan temen-teman saya dari daerah banyak yang kaget dan menyangka kalo itu cuma ada di film, tapi nyatanya nggak men, kisah-kisah film itu emang beneran ada dan eksis di dunia nyata. So, buat temen-temen dari daerah yang baru tingaal di Jakarta, tetap bentengi diri kalian dengan nilai-nilai moral dan agama yang baik, dan jangan lupa buat memilah pergaulan, jangan hanya sekedar ikue-ikutan. Okay? :)

Kemiskinan
Jakarta sebagai salah satu kota terpadat di dunia emang identik sama kemiskinan. Jumlah penduduk Jakarta yang terus bertambah setiap tahun, dan kurangnya lapangan pekerjaan, dituding jadi alasan utama kemacetan di Jakarta. Nggak heran banyak banget pengemis dan orang-orang yang hidup di jalanan. Miris dan menyedihkan emang, tapi memang begitulah keadaan Jakarta saat ini. Nggak ke kanan atau ke kiri, selalu ada pengemis. Kayanya nggak adil kalo cuma menyalahkan mereka, karena saya yakin mereka punya alasan tersendiri yang mungkin akan sulit buat kita pahami kalo kita nggak mengalami langsung.
Banyaaaak banget upaya yang udah dilakukan pemerintah buat mengurangi kemiskinan di Jakarta. Tapi nyatanya? Yang kaya mah tambah kaya, yang miskin tambah miskin. Ckckck
sayangnya, saya ngerasa nggak punya cukup kapasitas buat membicarakan soal kemiskinan di Jakarta. Jadi sekian dulu deh soal kemiskinan. Semoga yang lain bisa memberikan comment atau pandangan tentang kemiskinan di Jakarta ini. :)

Nahh, itu dia tuh sisi hitam dan kelam dari Jakarta. Tapi, kayanya nggak adil yah kalo kita cuma ngomongin sisi hitam aja. Biar gimanapun juga, sebenernya dari setiap sisi hitam itulah terlahir sisi putih, iya nggak? :)
Dengan terlibat dalam sekian banyak sisi hitam Jakarta diatas, sebenernya kita itu lagi menempa sisi putih. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sisi hitam diatas. Mulai dari belajar menghargai orang lain dan nggak sekedar mementingkan kepentingan pribadi. Selain itu, di Jakarta ini kita juga belajar menempa diri dan menyadari kalo hidup ini nggak mudah. Peduli terhadap sesama, terutama sama orang-orang yang nggak seberuntung kita juga ditempa di Jakarta ini. Dan, yang paling penting, di Jakarta ini kita bener-bener belajar buat nggak sekedar "ngomel" sama keruwetan yang ada, tapi juga mulai bertindak buat mengatasi keruwetan itu, walau dimulai dari yang sederhana. Intinya, banyak pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan di Jakarta ini. So, start studying not just from the book or from your school, buat also from the life around you. Okay? :)

Sekian dulu yahh tulisan ini. Kalo ada kritik, saran atau comment, jangan sungkan-sungkan. :D


#NB : maaf jika saya memakai bahasa yang tidak baku, selain karena saya tidak ahli dalam penggunaan bahasa baku, tulisan ini juga dibuat agar mudah dipahami dan dimengerti oleh semua golongan. :)


1 komentar: