Minggu, 29 Januari 2012

Bukan Jomblo, tapi Single

Assalamualaikum,

Ehemm, sejujurnya saya bingung nih mau mulai darimana kalo mau nulis tentang cinta. Soalnya, masalah cinta itu rumit dan ribet, nggak kalah sama permasalahan yang ada di Indonesia. #lebayy, hehe..
Kalo ngomongin remaja, nggak jauh deh dari yang namanya cinta. Mulai dari jatuh cinta, PDKT (singkatan dari PenDeKaTan), jadian, putus, jatuh cinta lagi, PDKT lagi, jadian lagi, putus lagi, dan begitu seterusnya. Ternyata bukan cuma makanan yang punya rantai, ternyata cinta juga lohh. Hehe,,
Sampe akhirnya muncullah taglinenya s Pocooong (hantu bohongan yang eksis di Twitter) yang bilang kalo "Jomblo itu nasib, Single itu prinsip." Nahh lohh?? Ko bisa si Pocoong ngomong kaya gitu?? Ohh, ternyata jaman sekarang ini, para jomblo atau remaja yang nggak pacaran itu dibilang nggak gaul dan nggak asiik. Wahh bahaya juga nihh, pantes aja si Pocooong ngotot bilang kalo dia bukan Jomblo, tapi Single. Ckckckc

Beralih dari masalah Pocooong dan prinsipnya (baca : nasibnya), sebenernya sejak kapan sih pacaran itu menjadi sebuah gaya hidup buat para remaja? Indonesiakan negara yang katanya punya penduduk muslim terbanyak nih, sebenernya remaja di Indonesia itu tau nggak sih hukumnya pacaran dalam Islam? Mari kita bahas :)

Kalo ditanya sejak kapan pacaran menjadi gaya hidup, kayanya nggak ada yang tahu pasti kapan terjadinya. Tapi nggak bisa dipungkiri juga, fenomena ini bener-bener terjadi sekarang. Kenapa sih sampe bisa dibilang kalo pacaran cuma gaya hidup? Berdasarkan pengalaman penulis nhh, jawaban beberapa remaja ketika ditanya "ehh, kenapa sih lo pacaran?" jawabannya pasti nggak jauh dari :
"Kalo nggak punya pacar, malu sama temen men." (Giliran nggak pake jilbab aja nggak malu. Ckckck)
"Lumayan bisa dianter jemput sama pacar, kan ngirit ongkos. hehe" (Pacaran aja sama tukang ojek mbak. :p)
"Ada yang bayarin makan sama nonton" (Jawaban para manusia yang males nabung nih. Ckckck)
"Ada tempat curhat" (Buku diary banyak di toko mbak)
"Ada yang cemburuin kalo deket sama orang lain" (Ckckck, Allah itu lebih pencemburu lohh mbak)
"Biar bisa lebih kenal si calon" (Sekalian aja kalo menjelang Pemilu, para calon dipacarin juga mbak, biar lebih kenal)
Dan masih banyak alasan lainnya, yang kalo dipikir-pikir alasannya Gaje banget (bahasa anak gaul yang artinya nggak jelas). Ohh iya, maaf kalo jawabannya diwakilkan jawaban para perempuan. Soalnya, penulis wawancaranya perempuan shh. Tapi berani jamin, jawaban para laki-laki juga nggak bakal jauh dari itu (hayoo, ngaku). Dari jawaban di atas, bisa dilihat kan kalo alasan-alasan remaja pacaran itu yahh emang sekedar cuma buat senang-senang dan gaya hidup.

Lanjut ke pertanyaan kedua, seperi kita tahu, Indonesia itu negara dengan penduduk muslim terbanyak. Walaupun Indonesia bukan negara Islam, tapi pasti pada tahu donk hukum-hukum di Islam? Termasuk hukum pacaran ini. Di dalam Islam, nggak ada tuh istilahnya pacaran. Pacaran itu adalah budaya barat yang diadopsi sama para remaja tanpa tahu ilmu dan asal-usulnya.
Jadi pacaran dalam Islam DILARANG donk? Yahh bisa dibilang begitu dhh. Terus para remaja pada tau nggak tuh hukumnya?
Lagi-lagi berdasarkan pengalaman penulis, sebagian remaja itu ternyata pada nggak tahu hukum pacaran dalam Islam. Yang lebih parah, ada yang nggak mau tahu hukumnya. Mereka sengaja nggak mau cari tahu karena takut nanti nggak berani pacaran (aneh yahh?? ckckck). Dan ternyata ada lagi yang paling-paling parah, udah tahu hukumnya, tapi masih aja pacaran. Dengan alasan, kan pacarannya nggak melewati batas dan masih mengikuti rambu-rambu agama. Ckckckck
Sayang sekali, saya merasa belom pantes buat ngomongin orang yang udah tahu tapi masih aja pacaran. Lebih lanjutnya tentang hukum pacaran buat mas/mbak yang belom tahu hukum pacaran dalam islam, mas/mbak yang nggak mau tahu hukum pacaran dalam islam, dan mas/mbak yang udah tahu tapi masih pacaran, silahkan baca bukunya Salim A. Fillah yang judulnya "Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan", buku ini recommended banget deh buat kalian-kalian :)

Nahh, terus gimana nasib buat para jomblo, uupps single maksutnya??
Wahh, mereka tentu aja beruntung, karena insya Allah cinta mereka terjaga cuma untuk Dia. Selain itu para single juga patut berbahagia karena waktunya 24 jam menjadi milik mereka secara merdeka, tanpa ada pacar yang nuntut ini itu. Keren nggak tuh?
Kalo biasanya para dater (istilah yang mulai saya pakai buat mempresentasikan orang yang pacaran) menghabiskan waktu mereka buat sms.an dan telpon-telponan sama pacar, para single bisa menghabiskan waktunya buat baca buku, ngaji atau diskusi masalah-masalah agama dan Indonesia. Kalo biasanya para dater uangnya abis buat nonton dan jajan bareng pacar, para single bisa nabung uangnya buat masa depan (asseeekk). Kalo biasanya para dater pulsanya abis karena sms.an sama pacar, para single bisa pake pulsa buat menyebarkan sms-sms tausiyah. Kalo biasanya para dater malem mingguannya pacaran, para single bisa malem mingguan bareng keluarga biar bisa lebih mengakrabkan diri. Itu sebagian kecil manfaat dan kelebihan para single. Eeiitts, jangan puas dulu, masih ada lagi niih.

Ini beberapa bukti kalo single itu lebih keren daripada dater. Kalo biasanya para dater galau karena nggak disms dan ditelpon pacar, para single pasti lagi galau sama masalah-masalah politik dunia dan tugas-tugas kampus. Kalo biasanya para dater bingung ngatur waktu buat ketemuan sama pacar, pasti para dater pasti lagi bingung ngatur waktu antara ibadah dan tugas-tugas. Kalo para dater biasanya boke karena abis jalan-jalan sama pacar, para single pasti boke karena uang jajannya abis disedekahin ke orang-orang kurang mampu. Kalo biasanya para dater nangis karena berantem sma pacar, para single pasti nangis karena inget dosa-dosa semasa hidup. Kalo para dater menghabiskan waktu buat pacaran, pasti para dater menghabiskan waktu buat baca buku dan ngaji. Tuhh kan, kurang keren apalagi coba para single?

So, teman-teman yang baik, kalo belum siap menerima konsekuensi di atas, serta belum siap buat menerima siksaan dari Allah (ihh serem), mendingan jatuhin aja pilihan kamu buat jadi single.
Karena rugi dhh kalo waktu, harta dan jiwa kalian cuma buat si pacar. Mendingan juga buat Allah, yang udah jelas-jelas cinta sama kita dan nggak marah atau putusin kita kalo kita nggak traktir makan. Hehehe,,
oke deh, sekian dulu yahh tulisan ini, dan semoga bermanfaat ^^
Allahualam bisawab.

#NB : Tulisan ini dibuat bukan untuk mengundang perdebatan, melainkan hanya untuk share pandangan pacaran dalam Islam yang sesungguhnya. Bagi yang punya pandangan dan filosofi berbeda mengenai pacaran, silahkan saja. Selain itu, tulisan ini juga dibuat agar dapat menjadi kaca bagi saya, dan tulisan ini juga berdasarkan beberapa pengalaman pribadi saya. Maaf juga bila penggunaan bahasanya tidak baku, karena ditulis dengan bahasa sehari-hari agar lebih mudah dipahami oleh semua kalangan dan golongan :)

Image source : 

2 komentar: