Rabu, 04 Januari 2012

ini inspiratorku, siapa inspiratormu? :)

Bismillah.. 

            Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki inspirator dalam hidupnya. Begitupun dengan aku, aku memiliki banyak inspirator dalam hidupku. Mulai dari orang tuaku, guru-guruku, teman-temanku serta dosen-dosenku. Aku memiliki banyak inspirator, karena aku merasa bahwa setiap orang memiliki sisi dan nilai postif dalam hidupnya yang bisa aku amati dan aku ambil pelajaran.Namun, dari begitu banyak inspirator dalam hidupku, aku memiliki 3 inspirator yang menurutku benar-benar menjadi inspirasi hidupku. Mereka adalah Salim A. Fillah, Bryan Gunawan dan Siti Sarah. Siapa sajakah mereka? Dalam teks ini, aku akan mencoba menceritakan siapa mereka, dan mengapa mereka bisa menjadi inspirator dalam hidupku.

            Dimulai dari inspirator yang pertama, Salim A. Fillah. Bagi para pembaca buku dan penikmat ilmu, nama beliau mungkin sudah tidak asing lagi. Beliau adalah seorang penulis yang terlahir 27 tahun yang lalu di Yogyakarta. Sudah banyak buku beliau yang telah rilis dan menjadi  best seller di pasaran. Diantaranya adalah Agar Bidadari Cemburu Padamu, Gue Never Die, Bahagianya Merayakan Cinta, Jalan Cinta Para Pejuang, dan masih banyak lagi. Bagiku, buku-buku beliau sangat mengispirasi, karena memiliki gaya bahasa dan penulisan tersendiri yang menjadi ciri khas tulisan beliau. Buku-buku beliau selalu berhasil membuatku tercengang dan tenggelam ke dalam buku tersebut. Begitu banyak pelajaran-pelajaran dalam hidup yang bisa aku dapatkan dari buku beliau. Selain karena tulisan dan karya-karya beliau, aku juga terinspirasi karena pribadi beliau. Beliau sangat rendah hati, tidak pernah merasa bahwa dirinya lebih pintar dan lebih hebat dari orang lain. Pernah 1 kali aku menghadiri acara talkshow beliau, dari acara talkshow tersebut, kekagumanku kepada beliau semakin bertambah saja, karena ternyata beliau tidak hanya pandai menulis dan bermain kata di atas secarik kertas, namun beliau juga begitu pandai dalam berbicara di depan umum secara lugas.          
Beliau ingin menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa, namun sejak SMA, beliau merasa harus ada tindakan yang konkret dan jelas untuk mewujudkan cita-cita beliau tersebut. Sampai akhirnya beliaupun memutuskan untuk menjadikan tulisan sebagai salah satu sarana dan cara agar bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain, beliau berharap dari tulisan-tulisannya, beliau bisa berbagi sedikit ilmu yang ada pada diri beliau. Beliau merasa bahwa ketika setiap manusia mempunyai ilmu, berarti itu pula saatnya manusia tersebut memiliki kewajiban untuk mengamalkan dan membagikan ilmu tersebut kepada orang-orang. Salah satu caranya adalah dengan cara menulis. Karena dengan menulis, kita dapat tetap membagikan ilmu walaupun kita sudah tidak ada nantinya. Itulah mengapa aku menjadikan beliau sebagai inspiratorku, karena tujuan hidup beliau sama denganku, yaitu berbagi walaupun sangat sedikit yang kita miliki. Aku juga ingin membagikan ilmuku yang sedikit ini, melalui tulisan salah satunya mungkin.
            Sejak kelas 5 SD beliau sudah sangat suka membaca. Bahkan, buku bacaan yang beliau baca tidak seperti anak kelas 5 SD pada umumnya. Beliau sangat suka membaca biografi tokoh, sejarah, filsafat dan psikologi. Memang tidak wajar sepertinya, tapi buku-buku itulah yang beliau nikmati. Selepas SMP, barulah beliau memberanikan diri untuk merangkai kata-kata dalam sebuah tulisan. Banyak orang-orang yang berkomentar bahwa tulisan beliau unik, unik disini berarti tidak baku dan aneh. Namun, guru-guru beliau selalu mengatakan kalau bahasa itu adalah soal selera, jadi tidak ada kata-kata yang salah atau benar dalam sebuah tulisan. Semenjak itulah beliau mulai menulis dan mengikuti lomba-lomba. Beliau tidak pernah memenangkan lomba-lomba tersebut. Namun, beliau tidak pernah putus asa dan tetap menulis sampai saat ini.
            Itulah inspirator pertamaku, dan alasan mengapa beliau menjadi inspiratorku. Berlanjut ke inspiratorku yang ke 2, yaitu Bryan Gunawan. Beliau adalah seorang debater international yang telah banyak menjuarai lomba-lomba debate Bahasa Inggris tingkat internasional. Beliau adalah pelatih debate di berbagai tempat, salah satunya d SSE DC (Sampoerna School of Education Debate Club). Sudah 1 bulan terakhir ini beliau melatih debate di kampusku. Beliau sangat lihai berbahasa inggris. Selain itu, beliau juga bisa berbahasa perancis dan mandarin. Beliau selalu memotivasi kami, para debater pemula untuk selalu berusaha keras dan tidak mudah menyerah. Karena segala sesuatu tidak dapat diraih dengan mudah.
            Setiap pertemuan, beliau selalu memberikan kami tugas yang harus kami kerjakan di rumah. Namun, beliau berkata tidak akan menghukum kami jika kami tidak mengerjakan tugas-tugas tersebut, karena beliau merasa kami telah dewasa dan memiliki kesadaran untuk bertanggung jawab pada apa yang telah kami ambil. Tugas-tugas dari beliau memang tidak mudah, karena selalu mengambil bahasan tentang isu-isu politik dan ekonomi dunia. Pada awalnya, aku cukup shock dengan begitu banyak dan sulitnya tugas-tugas yang beliau berikan. Namun, 1 kalimat beliau yang selalu aku ingat “A war can only win by a strong self-determination to fight, this might look overwhelming, but with strong effort, comes great result”. Itulah mengapa aku tetap bertahan di club debate disaaat yang lain berguguran dan meninggalkan club ini. Aku merasa menjadi seorang debater bukanlah hal yang mudah, itulah mengapa hanya orang-orang terpilih yang tetap bertahan di club ini. Saat ini aku mungkin tidak ada apa-apanya sebagai seorang debater. Namun, aku akan selalu berusaha agar suatu hari nanti aku bisa menjadi Bryan Gunawan yang selanjutnya, menjadi debater internasional bersama teman-temanku di club debate. Aku tidak ingin menjadi sukses sendirian, karena kesuksesan akan terasa jauh lebih manis ketika dirasakan bersama-sama.
            Berlanjut ke inspiratorku yang terakhir, Siti Sarah. Aku biasa memanggil beliau Ibu Era. Beliau adalah guru biologiku di SMP. Walaupun telah lama lulus dari bangku SMP, namun sampai saat ini aku masih menjalin komunikasi yang baik dengan beliau. Aku dan teman-temanku sering mengunjungi rumah beliau. Bagiku, beliau adalah seseorang yang hebat. Beliau adalah guruku, namun aku merasa beliau juga adalah kakakku dan temanku, karena beliau dapat mengerti kami para murid beliau.
            Begitu banyak hal yang aku pelajari dari beliau, terutama tentang kejujuran dalam hidup. Beliau selalu mengajarkan kepada kami, para murid beliau untuk selalu jujur dimanapun kami berada, karena jujur adalah hal yang sangat penting dan jarang ditemukan saat ini. Sering kami membicarakan tentang keadaan negara kita Indonesia tercinta. Indonesia kita yang tercinta saat ini sedang berada di dalam kebobrokan yang semakin hari semakin parah. Beliau berkata, begitu banyak masalah yang dialami Indonesia saat ini, mulai dari masalah pendidikan, ekonomi, korupsi, dan lain sebagainya. Jika diurut-urutkan, sumber masalah dari negara kita ini adalah tidak adanya ketidakjujuran. Itulah mengapa beliau selalu berkata kepada kami agar selalu jujur, karena untuk merubah negara kita yang sudah “sakit” ini, dibutuhkan orang-orang jujur dan berani menegakkan kejujuran. Kejujuran bisa mulai dilakukan dari hal yang simple dan sangat mudah. Yaitu menjadi jujur di sekolah atau di kampus. Tidak mencontek saat ulangan, adalah hal sederhana yang bisa dimulai dari sendiri untuk melatih kejujuran diri sendiri.
            Itulah dia ke-3 inspiratorku di dalam hidupku. Begitu banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari mereka bertiga. Semoga aku selalu menjadi manusia yang tidak pernah berhenti belajar untuk berbagi kepada sesama, tidak pernah berhenti berusaha untuk meraih yang terbaik, tidak pernah berhenti untuk mempertahankan kejujuran, dan tidak pernah berhenti untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.



6 komentar:

  1. nice thread mbe,
    ini blog jadi gothic yee kalo item gini, hahaha
    kalo ngambil template cari yg semi mbe,biar bisa diubah dikit,di btemplates.com banyak yg tuh semi mbe,tapi ada juga yg permanent/locked,jadi harus bisa coding html manual kalo mo ngerubah,
    tapi mantep dah udeh bisa set up blog sendiri,
    keep posting mbe :D

    BalasHapus
  2. haduhh,, ngga belom ngerti thh met, msih amatiran ini.
    ini aja ngedit tdi nodong tmen dulu buat ngajarin. hehehe..
    tpi nnti insya ALlah dcoba dhh. makasih yoo :)
    ehh iya, blog lo apa?? gw follow sini.

    BalasHapus
  3. kikuroky.blogspot.com
    haha, emang tugas posting brp mbe tiap minggunya ??

    BalasHapus
  4. tambah keren aja mbii..hehehe..

    iya mbii, kmren Salim A Fillah di masjid BI jga bagus bgt ceramahnya..:)
    Akhirnya bisa nglihat langsung jga mbii..hehehe

    BalasHapus
  5. kiky : ngga ada shh, cuma postnya pas iseng2 aja. haha
    sipa ; iya yahh?? jdi ngiri gk bisa ikt. :((

    BalasHapus